TEKNIK DAN PROSEDUR KONSOLIDASI

         Konsolidasi kertas kerja untuk perusahaan induk/ investor menggunakan metode akuntansi ekuitas yang lengkap diilustrasikan di bab ini untuk membentuk standar prosedur kosolidasi yang baik.
KONSOLIDASI  BERDASARKAN METODE EKUITAS
Bebagai pendekatan konsolidasi dan setiap kombinasi penyesuaian serta eliminasi akan menghasilkan jumlah yang benar bagi laporan keuangan konsolidasi. Ayat jurnal penyesuaian dan eliminasi yang disajikan dalam kertas kerja tidak mempengaruhi akun buku besar perusahaan induk maupun perusahaan anak. Laba bersih dan laba ditahan perusahaan induk menurut metode akuntansi ekuitas yang lengkap adalah sama dengan laba ditahan konsolidasi.
MENEMUKAN KESALAHAN
Bagian terakhir dari kertas kerja konsolidasi yang akan diselesaikan adalah bagian neraca konsolidasi. Sebagian besar kesalahan yang dibuat dalam mengkonsolidasikan laporankeuangan akan tampak apabila neraca konsolidasi tidak seimbang. Jika neraca konsolidasi tetap tidak seimbang setelah totalnya dihitung kembali, setiap pos harus diperiksa untuk memastikan bahwa semua pos telah dicatat. Kelalaian mencata beban hak minoritas dalam laporan laba rugi konsolidasidan ekuitas hak minoritas dalam neraca konsolidasi sering terjadi karena pos – pos tersebut tidak tercantum pada laporan perusahaan yang terpisah. Kesamaan debet dan kredit pada ayat jurnal kertas kerja diperiksa dengan menjumlahkan kolom penyesuaian dan eliminasi.
PENGALOKOSIAN KELEBIHAN KE AKTIVA BERSIH YANG DAPATDIIDENTIFIKASI.
FASB Statement No 141 maupun No142  mengharuskan perusahaan menyediakan setidaknya ikhtisar pengungkapan menyangkut alokasi harga beli perusahaan anak yang diakuisisi, terutama yang berkaitan dengan perolehan goodwill adn aktifa tidak berwujud lainnya. Ini secara khusus mengharuskan perusahaan mengungkapkan, pada tahun akuisisi, neraca ringkas yag menunjukan jumlah yang dibebankan ke dalam aktifa dan kewajiban utama, jumlah penelitian dan pengembangan dalam proses yang dibeli serta penghapusan, dan jumlah total yang dibebankan ke kategori utama aktifa tidak berwujut. FASB Statement No 142 mengharuskan lebih lanjut bahwa jumlah goodwill ditunjukan sebagai baris terpisah dalam neraca (dengan asumsi jumlah tersebut bersifat material).
LAPORAN ARUS KAS KONSOLIDASI
Laporan arus kas konsolidasi disusun dari laporan laba rugi konsolidasi, bukan dari laporan keuangan perusahaan induk dan perusahaan anak yang terpisah. Dengan sedikit pengecualian, penyusunan laporan arus kas konsolidasi melibatkan analisis dan prosedur yang sama seperti yang digunakan dalam menyususn laporan arus kas entitas yang terpisah. Neraca konsolidasi pada awal dan akhir tahun akan digunakan untuk menghitung perubahan yang terjadi selama tahun tersebut, yang harus dijelaskan dala laporan arus kas.
1.Laporan Arus Kas Konsolidasi – Metode Tidak Langsung
Laporan Arus Kas Konsolidasi disusun secara langsung dari kolom – kolom “Arus Kas dari Operasi “ “ Arus Kas – Aktivitas Investasi” dan “ Arus Kas – Aktivitas Pembiayaan” pada neraca lajur.Beban hak minoritas ( noncontroling interest expense) adalah kenaikan arus kas dari aktivitas operasi karena beban hak minoritas meningkatkan aktiva dan kewajiban konsolidasi dengan cara yang sama seperti pada laba bersih konsolidasi. Demikian juga, deviden hak minoritas dikurangkan dalam pelaporan arus kas dari aktivitas pembiayaan.
2.Laba dan Deviden dari Investee Menurut Metode Tidak Langsung dan Langsung.
Jika metode tidak langsung yang digunakan, laba dari ekuitas investee adalah pos-pos yang membutuhkan perhatian khusus dalam laporan arus kas konsolidasi. Laba dari ekuitas investasi meningkatkan laba tetapi tidak meningkatkan kas karena kenaikan tersebut direflesikan dalam akun investasi. Sabaliknya, deviden yang diterima dari ekuitas investee meningkatkan kas tetapi tidak mempengaruhi laba karena akun investasi mereflesikan penurunan.
3.Laporan Arus Kas – Metode Langsung.
Menurt metode langsung pos-pos laporan laba rugi konsolidasi yang melibatkan arus kas diubah dari dasar akrual menjadi dasar kas, pos-pos yang tidak melibatkan kas dijelaskan dalam catatan atau skeduel pendukung laporan arus kas.
MEMBUAT NERACA LAJUR KONSOLIDASI.

Secara vertikal, bagi neraca lajur tersebut menjadi tiga bagian yang terpisah untuk membuat tiga laporan keuangan yang kita inginkan. : Laba Bersih, Laba Ditahan, Total Aktiva dan Total Ekuitas. Tidak ada jumlah yang dimasukan untuk pos-pos tersebut, karena dihitung atau dicatat langsung dari bagian neraca lajur sebelumnya.Kertas Kerja dibuat untuk menghasilkan laporan keuangan yang berguna bagi entitas bisnis yang dikonsolidasikan. Tujuannya adalah membuat laporan keuangan konsolidasi yang berguna. Kertas kerja merupakan sarana untuk mengatur dan memanipulasi data. Laporan arus kas konsolidasi dapat disusun dari neracca dan laporan laba rugi konsolidasi.

Comments

Popular Posts