Laporan Laba-Rugi dan Informasi yang Berhubungan

A.  Laporan Laba-Rugi
Lapran laba-rugi merupakan laporan yang mengukur keberhasilan operasi perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan laba-rugi juga menyediakan informasi yang diperlukan oleh para investor dan kreditor untuk membantu memprediksi jumlah, penetapan waktu, dan ketidakpastian dari aruskas masa depan. Informasi yang terdapat dalam laporan laba-rugi pendapatan, beban, keuntungan, dan kerugian membantu para pemakai mengevaluasi kinerja masa lalu dan memberikan masukan tentang tercapainya tingkat arus kas tertentu dimasa depan. Sedangkan keterbatasan laporan laba-rugi akan mengurangi manfaat dari laporan ini untuk meramalkan jumlah, penempatan waktu, dan ketidakpastian arus kas masa depan.
B.  Laporan laba-rugi bentuk langsung
Dalam laporan laba-rugi bentuk langsung dikelompokkan dalam 2 hal yaitu pendapatan dan beban. Istilah langsung muncul karena perhitungan laba bersih hanya memerlukan satu pengurangan. Keunggulan utama format langsung terletak pada kesederhanaan penyajian dan tidak adanya implikasi bahwa satu jenis pos pendapatan atau beban lebih diprioritaskan dari yang lainnya.
C.  Laporan laba-rugi bertahap
Laporan laba-rugi bertahap memperlihatkan 2 klasifikasi tambahan yaitu 1. pemisahaan aktivitas operasi dan nonoperasi perusahaan. 2.  klasifikasi beban menurut fungsi, seperti barang dagang atau manufaktur, penjualan dan administrasi.
D.  Pelaporan pos pos tidak biasa
Pos-pos tidak biasa terbagi dalam enam kategori umum yaitu: 1. Operasi yang dihentikan, 2. Pos-pos luar biasa 3. Keuntungan dan kerugian tidak biasa, 4. Perubahan prinsip akuntansi, 5. Perubahan estimasi, 6. Koreksi kesalahan.
E.  Alokasi pajak intraperiode

Beban pajak tahun berjalan harus dikaitkan, jika mungkin, dengan pos-pos khusus pada laporan laba-rugi untuk menyediakan pengungkapan yang lebih informatif kepada para pemakai laporan keuangan. Tujuan utamanya adalah untuk menghubungkan beban pajak penghasilan periode fiscal berjalan dengan pos-pos berikut: Laba dari operasi berlanjut, Operasi yang dihentikan,  Pos-pos luar biasa.

Comments

Popular Posts