manajemen waktu


TIME MANAGEMENT
MEMANFAATKAN WAKTU DAN MENGATURNYA DENGAN EFEKTIF
            Allah telah bersumpah dengan waktu, demi waktu, demi masa, bahwa manusia akan merugi, kecuali bagi orang yang beriman dan beramal sholeh, saling nasehat-menasehati dalam kesabaran dan kebenaran. Manusia di planet bumi diberikan waktu yang sama, 24 jam sehari semalam. Namun dalam waktu yang 24 jam tersebut ada yang mencapai puncak kejayaan seluas-luasnya, namun dalam waktu yang bersamaan, batapa banyak manusia yang nyaris tak punya apa-apa dan tidak bisa apa-apa dan tak mampu berbuat apapun, padahal waktu yang diberikan Allah SWT, sama, 24 jam.
Waktu yang 24 jam, ada yang merasa terlalu sedikit, namun ada pula yang tak mampu menghabiskan waktu tersebut dengan kegiatan yang produktif, waktu hilang percuma, tak memberikan apapun padanya. Lebih celaka lagi, waktu yang banyak itu hanya di isi dengan bergunjing ke sana ke mari, menghasut seseorang dengan orang lain, sambil tetap tersenyum, seakan tanpa dosa. Padahal waktu yang diberikan Tuhan 24 jam itu, bisa digunakan dengan berbagai macam kegiatan yang produktfi, tahan lama dan mungkin juga mengabadi. Seperti tulisan para tokoh, yang mewariskan pada dunia dengan ilmu yang ditulisnya atau diababadikannya berupa karya/ketrampilan yang bermanfaat bagi manusia lainnya.Mengapa kita sangat mementingkan pemanfaatan waktu dan mengatur waktu dengan efektif ?
1.      Karena waktu adalah salah satu modal utama yang sangat dominan dalam meraih kesuksesan        ( selain dana dan waktu).
2.      Karena adanya kolerasi yang sangat erat antara time management dengan kesuksesan.
3.      Orang sukses biasanya pandai memanfaatkan waktu luang akan tetapi bukan membuang waktu luang.




Setiap hamba allah yang hidup di dunia ini akan mendapatkan sebuah kesuseksan dengan target yang akan segera dicapainya. Karena suatu kesuksesan itu akan berhasil jika kita mempunyai target dan target yang harus di capai itu adalah :
a.       Bisa membuat skala prioritas untuk eksklarasi kesuksesan.
b.      Memahami dan mampu membuat formulasi waktu dan tujuan yang jelas.
c.       Terbiasa menyusun rencana TIME SKEDUL.
d.      Mampu membuat DREAM, GOAL, & TARGET  baik dalam jangka panjang ataupun jangka pendek.
DREAM :                                                                                 IMPIAN :
D : Dare to think and to plan and to do.                                               I  : Imajinasi.
R :Right away.                                                                         M : Manifestasi.
E : Evaluation.                                                                         P  : Pikiran.
A : Achieve.                                                                            I   : Intuisi.
M : More.                                                                                 A : Antusias.
                                                                                                 N : Ngotot.
            Impian adalah imajinasi yang memanfaatkan fikiran dan intuisi dengan cara antusias dan ngotot.
Ketika kita mulai untuk mengambil tindakan menuju tujuan dan impian kita, kita harus menyadari bahwa setiap tindakan tidak akan sempurna. Tidak setiap tindakan akan menghasilkan sesuatu yang kita inginkan. Tidak setiap tindakan akan bekerja sesuai impian kita. Terkadang membuat kesalahan, mendapatkan hampir benar, dan percobaan untuk melihat apa yang terjadi adalah bagian dari proses untuk akhirnya mendapatkan sesuatu dengan benar, sesuai dengan impian.Ada pepatah mengatakan, kegagalan adalah awal dari kesuksesan.Tapi perlu kita ingat bahwa bukan berarti kesuksesan harus dimulai dari kegagalan.



Setiap orang mempunyai impian. Masing-masing orang tentu memiliki impian berbeda-beda. Ada yang mempunyai impian menjadi miliarder papan atas di dunia, mempunyai bisnis yang besar, mempunyai yayasan sosial yang besar dan canggih, berpengaruh dan terkenal di seluruh jagat, menjadi profesor ternama, menemukan mesin spektakuler, menjadi pelawak terkenal di seluruh dunia, mendapatkan pasangan hidup yang kaya dan terkenal dan lain sebagainya.
Impian itu merupakan hal besar yang mungkin mustahil diwujudkan bila dilihat dalam kondisi Anda sekarang ini. Tetapi sebenarnya impian merupakan langkah menuju sukses yang teramat penting. Tentang apakah impian tersebut terwujud atau tidak semuanya ada di tangan Anda sendiri.
Ada yang lebih cepat mewujudkan impian, ada pula yang lambat, bahkan ada yang tidak berhasil karena tidak melakukan langkah apa pun untuk mewujudkan impian tersebut. Ibarat Anda mengendarai mobil menuju sebuah tujuan yaitu impian tadi, terkadang lebih cepat sampai atau lebih lambat karena kondisi jalan berkelok, bergelombang atau banyak batu sandungan. Tak jarang diantara kita tak pernah sampai ke tempat tujuan karena hanya menggerutu dan mengutuk kondisi medan jalan yang sulit ditempuh atau terlalu lama tidur di tepi jalan.
Umumnya setiap proses menuju impian terasa tidak begitu mudah dilalui. Ada saja tantangan meskipun Anda sudah melakukan yang terbaik, sehingga membutuhkan usaha yang berulang-ulang, perhatian dan perjuangan ekstra. Tantangan tersebut bukanlah kegagalan. Bahkan bila kita cermati, tantangan itu membentuk diri Anda menjadi lebih baik dalam berbagai hal.
Jadi jangan mudah putus asa dan kehilangan keberanian untuk mencoba lagi mewujudkan impian. Tingkatkan kemauan Anda. Maka pintu kesempatan untuk mewujudkan impian akan selalu terbuka lebar.


impian mungkin hanya merupakan khayalan belaka. Tetapi jika impian tersebut disertai dengan tindakan, sikap konsisten, dan kemauan untuk berjuang keras meskipun harus keluar dari zona nyaman ditambah dengan rasa syukur dan doa maka akan menjadikan diri kita lebih pintar, kreatif dan kehidupan kita lebih terarah. Jika Anda ingin meningkatkan produktivitas diri dan kualitas kehidupan, maka pastikan Anda mempunyai impian dan berusaha maksimal untuk mengejarnya.
Siklus impian :



















Rounded Rectangle: impian
Rounded Rectangle: rencana
Rounded Rectangle: Tindakan














Rounded Rectangle: Realita
Rounded Rectangle: Harapan



 




Comments

Popular Posts