kekurangan dan kelebihan diri

“ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DIRI”
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Manusia diciptakan dengan berbagai kelebihan sekaligus kekurangan dengan tujuan untuk saling melengkapi.Terkadang sebagai manusia biasa kitapun memiliki banyak kelemahan sekaligus banyak kelebihan. Hanya saja, terkadang kita hanya mampu melihat kelemahan karena ketidakmampuan melihat kelebihan.Mengenali diri sendiri adalah hal yang amat penting dalam hidup ini. Karena mengenali diri sendiri adalah kunci proses pengembangan diri. Dengan mengenali diri sendiri, seseorang akan menyadari kemampuan serta keterbatasan dan kekurangan diri sendiri, sehingga orang tersebut dapat menempatkan diri dalam pergaulan.
Ada banyak metode untuk mengenal diri sendiri. Dan saya memutuskan untuk meminta beberapa sahabat saya memberikan penilaian mereka terhadap diri saya.Mereka menilai bahwa kelebihan saya yaitu baik, setia kawan, dan terkadang dapat memberikan masukan ketika mereka sedang ada masalah. Mereka pun berharap agar sisi positif yang saya miliki ini akan terus saya jaga, karna mereka menyukainya. Dan itu penting bagi saya untuk menempatkan diri dengan baik dalam pergaulan.Dan tentunya pasti ada kelemahan pada diri saya.Mereka menilai bahwa saya ini pemalas, dan seringkali berbuat iseng kepada mereka. Meskipun  sering berbuat iseng, tapi bagi saya itu cuma sekedar  bercanda ria sebagai pencair suasana.  Dan itu pun tidak sampai melebihi batas.
            Setelah mencerna semua penilaian mereka terhadap diri saya, saya pun memutuskan untuk mencoba merubah kelemahan yang telah menjadi kebiasaan saya.
Dan karna telah menjadi kebiasaan, sepertinya akan membutuhkan proses. Dan seiring berjalannya waktu, saya akan bertambah dewasa dan sifat kekanak-kanakan itu pun perlahan akan hilang.Hanya inilah yang dapat saya tulis. Saya hanya ingin berpesan agar berhati-hati dalam bergaul, jangan sampai kita terjerumus. Dan selalu bersikap santun agar kita dapat diterima dalam pergaulan.ada pepatah yang mengatakan, “Tak ada gading yang tak retak”. Begitulah sepertinya kehidupan ini. Tidak ada satupun yang sempurna. Tetap saja tidak ada yang sempurna secara mutlak. Lebih baik juga jika kita tidak usah sombong. Okelah..
Pernahkah kita merasa sangat ahli? atau bahkan merasa jago? (ahli dan jago rasanya sama saja) Yah mungkin perasaan-perasaan semacam berbangga diri begitu wajar saja. Asal jangan sampai kelewatan karena belum tentu orang-orang disekitar kita suka dengan sikap seperti itu. Atau mungkin pernah merasa minder karena tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik? Aku bertanya begini sebenarnya bukan untuk memberi solusi dengan sebenar-benarnya. Seperti biasa, aku ingin share. Karena aku punya segala hal yang tidak bisa kulakukan dengan baik, aku jadi penasaran apakah ada banyak orang yang juga  sama seperti ku? Terus-terusan mencurigai diri sendiri sebagai orang aneh tentu kurang baik bukan? Baik, aku akan menuliskan list Hal yang sulit dan Mudah Kulakukan.
SULIT KULAKUKAN :
  1. berenang. (aku kurang ahli, terkadang air masuk ke telinga, mulut, dan hidung dengan sia-sia).
  2. memahami ilmu eksak. (lemah banget loading dan ingatan jika sudah menyangkut ilmu ini).
  3. menari. (dulu sempat bisa luwes, tapi sekarang sudah kaku).
  4. megubah pendirian. (ini kayaknya sisi positif ya, alhamdulillah).
  5. menahan tawa. (rasanya sangat tersiksa jika melakukan hal yang satu ini).
  6. mengubah penampilan. (tidak akan bisa, karena aku sudah terbiasa dengan penampilan yang seperti ini).
  7. memakai pakaian press body. (aku tipe orang yang banyak tingkah, bisa kalian bayangkan kan jika aku pakai yang seperti ini? bisa-bisa bagian ketiak pun sobek. Lebay!).
  8. menghilangkan kebiasaan berheadset ria ketika tidur. (aku punya kebiasaan yang selalu mendengar lagu sebelum tidur, terkadang hingga pagi pun headset masih setia menggantung di telinga).
  9. Makan binatang laut.(aku sangat usah untuk memakan binatang air asin ini, ntah kenapa, dan entah apa sebabnya sampai aku tida bisa menelan binatang air asin ini).




MUDAH KULAKUKAN :
  1. berinteraksi dengan orang baru. (yah, beginilah aku)
  2. malu-maluin. (sudah tradisi)
  3. menghafal. (sudah ahlinya, eits tidak boleh sombong)
  4. tidur. (dimanapun, kapanpun, bahkan setiap di mobil aku pasti tertidur. Semoga suatu saat aku bisa menjadi pengendara mobil yang baik).
  5. bilang enak. (jika ditanya tentang rasa makanan, sebagian besar pasti akan kujawab “enak” selain binatang laut).
  6. Menyanyi. (hal satu ini juga sangat sulit untuk aku tinggalkan karna dimana dan kapan aja pasti aku selalu menyanyi walaupun suara aku tidak sebagus fa’ang)
Terbukti, yang sulit kulakukan lebih banyak daripada yang mudah kulakukan. Apa ada yang sama dengan teman-teman diantara yang kutulis ini? Dengan bangga aku menuliskan semua ini, semua hal yang menurutku aneh sekaligus menguntungkan. Kenapa tidak? Tidak ada yang sempurna, tidak ada yang patut dibanggakan. Karena kekurangan dan kelebihan tidak akan menjadi suatu hal yang timpang jika kita  bisa memadukannya menjadi sebuah hal yang wajar dan lumrah. Mungkin saling melengkapi antar teman adalah solusi yang bagus. Lebih universal sangat membantu dalam segala hal bukan? Dan terlalu berbangga bukan hal yang baik, terlalu minder apalagi. Aku kadang-kadang  berpikir hal itu terlalu menyulitkan diri sendiri. Aku ingin bebas berekspresi. Kekurangan bukan hambatan, dan kelebihan harus disalurkan!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments

  1. thank nice infonya sangat menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2DPqikU

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts